Otomotif

Kenali dan Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Motor Bekas


Bro n Bray..

Saat ini sudah bukan hal awam lagi bahwa motor / kendaraan roda 2 banyak sekali menjamur dimana – mana untuk memenuhi kebutuhan kita sehari – hari. Ditambah sering terjebak macet, sepeda motor pun menjadi pilihan utama dikarenakan mudah digunakan dan dapat untuk nyelip di sela – sela mobil atau kendaraan besar lain nya, ditambah harga sepeda motor saat ini juga bisa tergolong “relatif terjangkau harganya”jadi siapapun dapat memilikinya.

14055037_1230946990250974_7388478199693862484_n

Kali ini jb bakal coba bahas sedikit tentang motor seken atau motor bekas. Terkadang motor seken ini menjadi pilihan beberapa orang dikarenakan beberapa faktor, diantaranya harga lebih murah, sudah kenal sama empu nya motor yang mau jual dll. Namun, ada beberapa faktor lagi yang harus di perhatikan lho sebelum membeli motor bekas. Penasaran? ikutin terus aja1. Jenis Motor
Sebelum membeli motor pastikan sudah di tentukan ingin membeli motor apa dan sesuai kebutuhan, jangan sampai hanya karena gaya atau mengikuti saran teman akhirnya ngga sesuai sama budget atau skill mengemudi nya.

2. Cek Harga
Setelah tahu jenis motor apa yang mau dibeli, alangkah lebih bijak melakukan survey dahulu di beberapa showroom penyedia motor seken biar ngga salah harga, toh tanya juga ngga bayar. Kalau memang punya keahlian dalam tawar menawar harga, ini SANGAT BERGUNA lho, coba cari dan tawar dengan harga serendah mungkin tapi bisa dapat motor dengan tipe dan kualitas mesin yang baik.

3. Periksa Kelengkapan Kendaraan
Ini yang paling penting setelah proses nego dan menentukan jenis motornya. Pastikan bahwa surat – suratnya lengkap, Bpkb stnk pajak kendaraan bermotor tidak bermasalah, jangan sampai beli motor yang surat – suratnya ngga lengkap apapun alasan nya karena nantinya kita sendiri yang bakal kesusahan.
14064161_239203589810548_2998363853336084302_n

4. Cek Kondisi Motor
Sama halnya seperti mengecek kelengkapan kendaraan, cek kondisi motor sangat penting apalagi ketika kita ingin meminang motor seken (kecuali motor baru), cek suara mesin, kelistrikan, ban, bodi motor dll jangan sampai kita menyesal setelah motor tersebut dibawa pulang ternyata ada cacat sedikit yang kita ngga tahu saat proses transaksi jual beli nya.

5. Tes Drive
Ini juga ngga kalah penting, lakukan test drive untuk memastikan semuanya berjalan normal bro. Lebih baik kita dibilang cerewet daripada kita menyesal nantinya.

Dan terakhir pastikan juga ke empunya motor apakah motor yang akan kita beli pernah mengalami kecelakaan atau insiden yang mempengaruhi kenyamanan saat berkendara, karena menurut pengalaman jb, ada beberapa penjual yang sengaja tidak memberitahukan ke calon pembeli tentang history atau riwayat motor mereka dengan alasan karena kita tidak tanya, nah lho? kalau udah ketemu model penjual seperti ini mending cari yang lain aja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s