Otomotif

First Impression Honda CBR 250RR Dual Silinder


Surabaya…

Pembaca yang baik hatinya, di artikel sebelumnya yang sudah membahas tentang test ride New CBR 250RR kali ini admin bakal meripiu tentang motor 250cc ini.Pertama kali yang admin rasakan saat menaiki kuda besi ini adalah “wah, ternyata ngga tinggi juga”. Yap, honda CBR 250RR ini di desain untuk orang Asia yang memang tidak terlalu tinggi, jadi ngga perlu pakai sepatu high heels untuk bisa menunggangi kuda besi ini dan ini sudah admin buktikan sendiri saat test ride kemarin. Oh iya, CBR 250RR ini termasuk kategori Big Bike dari Honda lho, jadi buat kalian yang mau main dan lihat langsung nih motor, bisa mengunjungi booth big bike honda di kota anda.

img-20161217-wa0024-copy
kaki benar – benar nempel ke aspal lho

Dari bodi – bodi nya terlihat kalau motor ini sangat garang dan laki banget, gimana ngga? shockbreker Up Side Down berlabel Showa membuat nyaman saat dikendarai. Lampu depan dan belakang sudah menganut LED dan tentunya sudah memakai sistem ABS lho.

Sedangkan untuk posisi saat berkendara, admin dengan tinggi badan sekitar 173cm merasa nyaman saat mengendarai motor ini dan enaknya lagi, jok dan sisi belakang tangki didesain ramping, sehingga enak banget saat dijepit paha, dan enaknya lagi motor 250cc ini ngga berat saat di kendarai dan juga enak dibuat manuver / cornering lho, sayangnya kemarin track nya kurang panjang. Jadi ketika baru masuk gigi 2 / 80kpj sudah harus puter balik dan itupun masih baru buka seperempat putaran gas. Berikut Data Dimensi Honda CBR250RR :

P x L x T: 2.060 x 724 x 1.098 mm
Jarak sumbu roda: 1.389 mm
Jarak terendah: 145 mm
Tinggi jok: 790 mm
Kapasitas tangki: 14,5 liter

Sedangkan dari segi fitur yang bikin penasaran nih, ada 3 mode yaitu :
Comfort Mode : comfort mode ini digunakan saat pengendara ingin berkendara santai . saat digunakan : Throttle response akan berkurang, Power Output akan menurun dan Torsi juga menurun. dijamin tidak ada hentakan maupun jambakan pada motor ini. Comfort mode juga bisa dipakai disaat hujan.

Sport Mode : ini adalah mode yang paling sering dipakai, Tenaga dan Torsi motor dalam posisi normal, sementara throttle respons akan lumayan agresif tapi tidak dalam sekala  1:1 . (buat speed touring atau night riding dimana jalanan agak sepi, mode ini paling pas)

Sport + (Plus) : ada di sirkuit, anda butuh motor yang bertenaga maksimal, torsi maksimal dan throttle response yang agresif. (bukaan gas mirip gas spontan, mesin langsung menjadi agresif dan power dan torsi output di posisi maksimal)

unset
Tombol start engine & stop engine jadi satu

Pengoperasian Riding Mode sangat mudah, hanya menekan tombol saklar yang posisinya biasa merupakan posisi hi pas beam ( hi pass beam dipindah satu set dengan tombol pilih lampu ). Cara pakainya adalah gas harus saat posisi tertutup atau saat seperti oper gigi dan langsung saja dirubah mode nya sesuai keinginan, hal ini bisa dilakukan saat sedang berjalan. Berikut keterangan nya :

  • Comfort : Gaya riding tanpa menghadirkan maksimum power, memastikan delivery power smooth, pas buat JJS nih
  • Sport : Gaya riding yang dihasilkan sampai menghasilkan power yang maksimum namun dengan kurva power yang linear
  • Sport + : Gaya riding yang dihasilkan Agresif, power maksimum sama dengan mode sport, namun kurva power lebih agresif, lebih cepat tarikannya.

 

img_20161217_163654copy

Sedangkan di setir sebelah kiri ada sesuatu yang menarik (lagi) yaitu adanya tombol “LAP”. Gunanya untuk apa? kegunaan tombol “lap” itu sendiri adalah untuk mengukur berapa detik kecepatan yang di tempuh menggunakan mode yang telah disetting, sayangnya masih harus menekan manual saat pengoperasian dan saat selesai nya.

unset2

Yah, itu sekilas gambaran tentang fitur, review tentang New CBR 250RR kali ini. Semoga masih ada inspirasi buat nulis lagi. Salam sepur

Advertisements

One thought on “First Impression Honda CBR 250RR Dual Silinder

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s