Otomotif

Tips Memilih Ban Motor


Bro n Sist..

Kali ini JB bakal membahas tentang tips memilih ban motor untuk kendaraan roda 2 kesayangan agan. Semua pasti tahu bahwa ban merupakan salah satu komponen penting dalam berkendara, ketika ban sudah mulai gundul / tipis tentunya perasaan was – was datang apalagi ketika sudah memasuki musim hujan. Terkadang tidak sedikit juga yang salah dalam memilih ban (apalagi yang pake ban cacing) sehingga membuat tidak nyaman ketika berkendara. Saran JB, murah boleh tapi juga tidak mengesampingkan unsur safety di jalan raya bro.

Berikut ini sedikit tips dalam memilih ban, cekibrut :

1. Kenali Permukaan dan Ukuran Ban Sesuai Standar
kode-ukuran-ban
Sebelum memilih dan membeli ban, alangkah baik nya ukuran ban tidak melebihi dari ukuran standart nya apalagi selama masih memakai velg ori dari bawaan pabrik. Karena terkadang kita tidak memperhatikan nya dan sehingga ingin menampilkan kesan “ban gambot” yang justru akan merusak velg itu sendiri dengan memasang ban melebihi ukuran standart ban yang sudah di tentukan oleh pabrik motornya.

2. Tentukan Tipe Ban Sesuai Kondisi Jalan/Iklim
Untuk tipikal jalanan kering, ban yang sangat direkomendasikan adalah jenis ban dengan permukaan motif polos, karena tidak membutuhkan banyak daya cengkeram dan lebih tahan lama. Sedangkan untuk tipe jalan basah, jenis ban yang direkomendasikan adalah jenis ban dengan motif atau bunga tertentu, dan semakin basah kondisi jalanan, maka motif yang dibuat haruslah lebih banyak ragam alurnya. Sedangkan khusus untuk jalanan dengan medan yang sulit atau jalanan berlumpur, lebih direkomendasikan jenis ban dengan motif berbentuk kotak – kotak timbul, atau seperti yang biasa kita lihat pada jenis ban motor – motor trail.

Namun, khusus untuk kondisi iklim di Indonesia dengan kondisi jalan yang tidak menentu (basah atau keringnya) karena cuaca panas dan hujan yang bergantian serta kondisi jalan perkotaan dengan ragam permukaan, maka disarankan sekali untuk memilih tipe ban yang fleksibel untuk basah dan kering, yakni dengan motif alur sedang. Selain karena fleksibel, tipe ban dengan motif sedang lebih memungkinkan keamanan saat berkendara dalam kondisi jalan perkotaan yang tidak bisa ditebak seperti apa kondisinya namun tetap harus diperhatikan bahwa semakin tinggi cengkeraman pada ban, maka permukaan akan semakin cepat menipis dan gundul. Karena itulah, ketelitian kita dalam memperhatikan kondisi ban juga harus intens, dan tidak ada salahnya untuk rutin mengganti ban saat sudah menipis permukaannya demi keamanan anda saat berkendara.

3. Sesuaikan Motif Ban Sesuai Kebutuhan Kondisi Jalan
Terkadang ketika kita sudah berada di toko ban, kita bingung memilih ban karena kita kurang mengetahui kebutuhan kita nantinya di jalan. Terkadang lagi, sang penjual pun tidak bisa memberikan penjelasan yang memuaskan tentang ban yang ingin kita pilih hingga akhirnya kita salah membeli ban karena tidak mengetahui nya. Untuk menghindari hal tersebut, mari kita simak penjelasan dibawah ini :
tipe-ban-motif
– Ban Slick Balap Sirkuit
Jenis ban ini permukaannya polos, tidak memiliki motif/alur, dan memiliki tekstur yang lunak. Sehingga hanya cocok digunakan untuk jenis motor balapan sirkuit dalam kondisi jalan kering. Untuk harganya sendiri, jenis ban ini adalah yang paling mahal dibandingkan jenis ban – ban lainnya.

– Ban Basah Balap Sirkuit
Memiliki alur/motif layaknya ban motor jenis off road yang disesuaikan untuk jenis jalan basah. Lantaran khusus digunakan untuk kondisi jalan basah, ban ini cenderung lebih cepat panas karena memang diciptakan untuk mencari atau memilih grip saat kondisi hujan. Dengan motif yang cukup “rame”, komponennya yang juga lunak karena memang khusus dibuat untuk balapan sirkuit khusus, maka dari itulah ban ini dirasa kurang cocok digunakan di jalan raya perkotaan. Bisa saja sih digunakan untuk kebutuhan jalan raya, namun dikhawatirkan, kondisi ban akan lebih cepat aus saat anda gunakan dalam kondisi jalan raya normal.

– Bahan Semi Slick Balap/Jalan Raya Kering
Ban jenis ini merupakan ban standar superbike dan supersport. Dinamakan semi slick karena sepintas seperti ban slick karena sudah memiliki alur/motif. Sesuai dengan fungsinya sendiri, ban ini memang dikhususkan untuk balapan, namun memungkinkan juga untuk digunakan di jalan raya karena sudah memiliki motif/alur pada permukaan ban. Walaupun bisa digunakan untuk jalan raya, tetap saja ban ini kurang begitu cocok untuk anda gunakan di jalan raya. Selain karena motif/alurnya masih sedikit, komponen pada ban juga tergolong lunak karena memang ban berbahan lunak merupakan salah satu ciri khas ban balapan. Kalaupun anda tetap ingin menggunakannya di jalan raya, harus dipastikan bahwa kondisi jalan yang anda lalui merupakan jalanan kering sehingga tidak mudah tergelincir saat melaju di jalan raya.

– Ban Dual Purpose Track Untuk Jalan Raya
Ban ini bisa dikatakan merupakan solusi bagi anda yang menggemari ban berjenis sport namun tetap bisa anda gunakan di jalan raya. Namun kualitasnya dalam balapan tidak sebaik ban semi slick atau ban sirkuit maupun ban standart jalan raya, karena memang khusus diciptakan untuk menengahi kebutuhan keduanya, sehingga untuk fungsi di kedua kondisi jalan tersebut tidaklah maksimal. Dengan motif/alur yang sedang, bahan yang sedikit lembut di bagian samping dan keras sedang ditengahnya, maka bisa dikatakan cukup baik pas digunakan untuk anda yang hobi melakukan track city ride atau track day yang memiliki nuansa sporty.

– Ban Standar Jalan Raya Perkotaan
Nah, buat anda yang membutuhkan ban standar untuk kebutuhan sehari – hari di perkotaan, maka ban inilah yang tepat buat anda. Karena dibuat khusus untuk kebutuhan perkotaan sehari – hari, ban ini tentu saja sudah sesuai penggunaannya untuk jalanan kota yang bersifat kondisional baik dalam cuaca kering maupun basah. Ban ini memiliki motif/alur yang cukup sudah memadai untuk kelas motor harian, dibuat dengan material bahan yang bersifat keras sedang pada bagian tengah, dan keras di bagian sampingnya. Sehingga materialnya lebih tahan lama dan cukup aman digunakan dalam kondisi jalan raya normal pada umumnya. Selain itu, walaupun tidak tergolong ban balapan, gak ada salahnya juga sesekali anda menggunakannya untuk city ride ataupun turing menggunakan ban ini. Namun, tetap diperhatikan bahwa ban ini tidak cocok digunakan untuk kecepatan tinggi layaknya ban balapan.

4. Kenali Kualifikasi Komponen Karet Ban
Poin ini pada umumnya kurang begitu diperhatikan oleh pengendara saat akan memilih ban. Padahal setiap ban yang diproduksi memiliki jenis komponen yang berbeda – beda sesuai dengan kondisi serta fungsi penggunaannya.  Jenis ban pun dibedakan menjadi dua, yaitu ban dengan komponen keras dan ban dengan komponen lembut.
Komponen-Karet-Ban.jpg

Ban dengan komponen keras biasanya dipakai untuk memenuhi keperluan motor sehari – hari pada umumnya, yakni disesuaikan dengan kondisi jalan raya perkotaan baik untuk jarak tempuh dekat maupun jauh. Jenis ban dengan komponen keras juga sangat cocok digunakan untuk bepergian jauh hingga ke luar kota. Jadi untuk standar keamanannya khusus penggunaan sepeda motor di jalan raya perkotaan, jenis ban ini sangat direkomendasikan.

Kemudian, ada jenis ban dengan komponen lembut yang biasanya memiliki tekstur bahan yang lebih lunak. Namun untuk penggunaannya di jalanan, daya cengkeramnya jauh lebih kuat. Fungsi daya cengkeram yang lebih kuat dibandingkan ban jenis komponen keras, sangat berguna agar motor dapat melaju lebih kencang dan lebih lengket pada permukaan aspal bahkan saat berbelok cukup tajam. Untuk standar keamanan, pastinya jenis ban dengan tekstur lembut seperti ini sangat direkomendasikan untuk sepeda motor balapan sirkuit. Tapi untuk anda yang biasa menggunakan kendaraan di perkotaan, jenis ban ini tidak cocok digunakan, karena umurnya lebih pendek dan untuk masalah harga, jenis ban ini justru lebih mahal.

Berikut ulasan sedikit mengenai ban, semoga bermanfaat.

Sumber : kaskusSumber : disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s