Uncategorized

SKCK Online


Surabaya…

Bro n sist, kali ini JB bakal bahas sedikit tentang hal pengurusan SKCK. Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh POLRI kepada seseorang pemohon/warga masyarakat untuk memenuhi permohonan dari yang bersangkutan atau suatu keperluan karena adanya ketentuan yang mempersyaratkan, berdasar hasil dari penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang orang tersebut. SKCK sendiri memiliki masa berlaku sampai dengan 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan dari pihak kepolisian setempat. Apabila telah melewati masa berlakunya dan apabila dirasa perlu,SKCK dapat diperpanjang oleh yang bersangkutan.

Kali ini JB berkesempatan merasakan sendiri pengurusan SKCK untuk keperluan mutasi ke Surabaya (kembali). Setelah melengkapi berkas – berkas di kelurahan setempat,kali ini tinggal mengurus ke polsek setempat. Langkah – Langkah nya pun juga sangat jelas dan membantu sekali,karena ketika kita masuk sudah di sambut banner tata cara pengurusan SKCK Online (sayang tadi ngga kepikiran buat foto) yang bisa langsung diakses disini ataupun download via playstore dengan keywoard SKCK Online Polres Sidoarjo. Disana pemohon bisa langsung mengisi sesuai form yang sudah ada (SKCK & TIK). Setelah selesai mengisi form, pemohon langsung mendapatkan kode pengajuan yang harus di print (disini disarankan agar di print terlebih dahulu,karena pihak kepolisian setempat tidak melayani print di tempat,yang jelas – jelas bakal memakan waktu lebih lama & tidak efisien lagi).  Setelah kode pengajuan di cetak, serahkan berkas – berkas berupa fotocopy KK,fotocopy KTP, pas photo 4×6 sebanyak 4lembar dll, dan jangan lupa untuk memastikan kembali bahwa data yang di masukkan adalah BENAR.

Setelah data dipastikan benar,petugas pengurus SKCK akan mencetak hasilnya dan menyerahkan kepada pemohon. Nah,disini siapkan uang pas sejumlah 10Ribu Rupiah karena pengalaman tadi saat mengurus dan ngga ada uang pas,dengan harapan diberi kembalian,tapi kenyataan nya adalah tidak menerima kembalian lho. Jadi, bayar dengan uang pas atau ngga ada kembalian nya ya padahal jelas – jelas sudah tertulis bahwa

Biaya pembuatan SKCK adalah Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah).
Biaya tersebut disetorkan kepada petugas Polri ditempat.

Yang sudah jelas tertulis disini. Sejauh ini sangat terbantu dengan adanya sistem online yang tujuan nya adalah memangkas birokrasi dan memudahkan pengurusan namun yang masih disayangkan adalah adanya oknum nakal dibalik itu semua.

Salam lemper

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s